Menjadikan Template Blogger Lebih SEO Friendly

Unknown | 21.34 |
Menjadikan Template Blogger Lebih SEO Friendly - Selamat malam kawan, kali ini saya akan kembali memposting tema seo yang menjadi tema utama blog ini karena terus terang saya sangat tertarik sekali dengan yang namanya ilmu seo ini dan terasa sedikit menantang apalagi kaitannya dengan otak atik template. Adapaun topik bahasan saya kali ini adalah menjadikan template blogger lebih seo friendly. Topik ini sebenarnya telah banyak di ulas oleh para blogger lainnya namun tidak ada salahnya jika ini saya posting kembali karena saya yakin masih banyak yang memerlukan referensi cara menjadikan template blogger lebih seo friendly ini terutama bagi para blogger pemula dan postingan ini juga sebagai bahan catatan saya secara pribadi yang saya tuangkan kembali dalam blog Sulam SEO ini.

Memang banyak sih template template seo yang disediakan gratis di internet namun bagi saya terasa kurang puas jika masih menggunakan template orang lain dan saya berpikir mengapa saya tidak belajar sendiri untuk membuat template ini. Saya akan merasa sangat puas jika nantinya saya berhasil membuat template sendiri apalagi template yang akan saya buat tersebut seo friendly tentunya akan terasa menyenangkan khan?. Baiklah kawan langsung saja kita bahas cara menjadikan template blogger lebih seo friendly ini dan terus terang tutorial seo ini saya kumpulkan dari beberapa sumber referensi terpercaya.

Adapun cara menjadikan template blogger lebih seo frienly ini diantaranya adalah :

1. Merubah title tag
Para webmaster banyak menyarankan sebaiknya kita mengganti template default blogger karena dirasakan kurang seo. Oleh karena itu sebaiknya kita ganti saja title tag default template blogger tersebut agar dapat nantinya bersaing dengan blog blog lainnya di serp. Title tag default blogger adalah seperti ini <title><data:blog.pageTitle/></title>. Para webmaster menyarankan, sebaiknya title tag diganti dengan

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
</b:if>

2. memasang metag tag description dan meta keyword

Memasang meta keyword dan diskripsi menjadi sangat penting untuk anda perhatikan. Menurut beberapa webmaster, google dan mesin pencari lainnya sangat menyukai blog yang memiliki tema dari isi konten yang jelas. Memasang meta diskripsi dan meta keyword ini sangat mudah, caranya adalah dengan menambahkan kode berikut ini di bawah title tag blog anda. Kodenya sebagai berikut

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<meta name="description" content="Deskripsi Blog anda" />
<meta name="keywords" content="Kata kunci , kata kunci, kata kunci, kata kunci , kata kunci" />
</b:if>

3. Pasang Breadcrumb

Penjelasan tentang bagaimana cara memasang breadcrumb ini memang nantinya sedikit agak panjang dan oleh karena itu saya memutuskan akan memposting cara memasang breadcrumb ini dalam kesempatan postingan lainnya.

4. Memasang related post

Menurut beberapa webmaster, selain sebagai untuk seo dengan memasang related post ini akan bisa membantu pembaca dalam mencari informasi dengan tema sejenis dengan artikel yang mereka baca dan temukan dalam blog anda. Untuk cara memasang related post ini saya akan bahas dalam postingan lainnya karena bahasannya akan sangat panjang.

5. Memasang dynamic header.

Menurut beberapa webmaster, memasang dynamic header ini bisa mendongkrak blog di serp dan bisa menjadikan blog lebih seo friendly. Contoh pemasangan dynamic header ini, bisa anda lihat dalam blog ini. Coba lihat di bagian atas dimana judul artikel ini muncul di posisi judul blog. Gimana? anda mau juga memasang dynamic header ini? jika tertarik silahkan ikuti tutorialnya disini. Adapun cara membuat dynamic header ini sangat mudah silahkan anda ikuti tutorialnya di bawah ini :
  • Masuk ke akun blogger saudara
  • Pilih blog yang akan diedit, dan masuk ke dalam menu TEMPLATE
  • Klik tombol EDIT HTML kemudian pilih LANJUTKAN
  • Klik EXPAND TEMPLATE WIDGET
  • Cari kode <b:include name='title'/> dengan menggunakan control+f pada browser. Biasanya akan ada 3 kode seperti ini. Jadi kita lakukan trial dan error saja, tapi saran saya mulailah dari yang paling bawah.
  • Ganti kode <b:include name='title'/> dengan kode di bawah ini:

<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
<b:include name='title'/>
<b:else/>
<data:blog.pageName/>
</b:if>

  • Simpan perubahan dan lihat apakah sudah berubah judul pada halaman artikel. Jika belum ubah kembali kode di atas menjadi <b:include name='title'/>, dan ulangi penggantian kode pada <b:include name='title'/> yang lainnya.
Demikianlah sedikit bahasan dan cara menjadikan template blogger lebih seo friendly ini semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menjadikan Template Blogger Lebih SEO Friendly